Januari 2010, gue dinas ke semarang. Kota Semarang adalah ibukota Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. di semarang kurang lebih gue cuma 2 minggu. Tapi Alhamdulillah gue udh nyempetin diri ke lawang sewu. Lawang Sewu merupakan sebuah gedung di Semarang, Jawa Tengah yang merupakan kantor dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS. Dibangun pada tahun 1904 dan selesai pada tahun 1907. Terletak di bundaran Tugu Muda yang dahulu disebut Wilhelminaplein.Lawang Sewu adalah bahasa jawa yang artinya (Seribu Pintu). Ini dikarenakan bangunan tersebut memiliki pintu yang sangat banyak. Kenyataan sich ga sampe seribu
.


Sejarah Bangunan Lawang Sewu Lawang Sewu adalah salah satu bangunan bersejarah yang dibangun oleh pemerintahan kolonial Belanda, pada 27 Februari 1904. Awalnya bangunan tersebut didirikan untuk digunakan sebagai Het Hoofdkantoor van de Nederlansch Indische Spoorweg Maatscappij (NIS) atau Kantor Pusat Perusahan Kereta Api Swasta NIS.


Gedung tua ini menjadi lokasi pertempuran yang hebat antara pemuda AMKA atau Angkatan Muda Kereta Api melawan Kempetai dan Kidobutai, Jepang. Maka dari itu Pemerintah Kota Semarang dengan Surat Keputusan Wali Kota Nomor. 650/50/1992, memasukan Lawang Sewu sebagai salah satu dari 102 bangunan kuno atau bersejarah di Kota Semarang yang patut dilindungi.



Waktu mau masuk Dipintu Utama kita ditawari pemandu. Biasanya mereka minta Rp 25000. Tapi saran gue kalo kalian mau kesana, ga usah pake pemandu pun ga papa. Pake pemandu atau Enggak itu optional. Oya gedung tua ini juga pernah dipake buat film Ayat-Ayat Cinta. Didalam gedung tua ini ada halaman yang amat luas, sampe-sampe bisa buat main bola. Tapi kagak dech soalnya angker banget, Gue pernah masuk di salah satu pintu lawang sewu, setelah gue masuk Pintu yang ga gue tutup . Tiba-tiba nutup sendiri ( banting pintu ) suaranya keras banget. Untung jantung gue ga copot, cuma sepatu gue yang copot karena lari terbirit-birit. sumpah suasananya angker banget. Dibeberapa stasiun Televisi . Lawang sewu termasuk yang sering dijadikan tempat acara Uji Nyali.

Pohon Besar yang ada ditengah Lapangan Lawang Sewu, Asli gue merinding saat difoto










Comments (0)