Hari ini saya mengikuti pra seleksi program magang ke jepang. setiap tahun Pemerintah Indonesia mengadakan progam magang ke jepang, Bekerja sama dengan IMM jepang. IMM adalah sebuah perusahaan kecil dan menengah di jepang (kurang lebih begitu pengertiannya). Kenapa saya mengikuti program magang ke jepang ? Karena gaji yang ditawarkan lumayan besar. Tahun pertama di jepang 1 Bulan 80 ribu Yen, Tahun ke-2, 1 Bulan 90 ribu Yen, tahun ke-3 1 Bulan 100 Ribu Yen. Di jepang selama 3 Tahun. terakhir saya lihat 1 yen = Rp100


*Berarti 80 ribu yen = 8.000.000 x 12 bulan = 96.000.000
90 ribu yen = 9.000.000 x 12 bulan = 108.000.000
100 ribu yen = 10.000.000 x 12 bulan = 120.000.000
Total __________ +
324.000.000

Jumlah yang sangat besar bukan bagi ukuran orang Indonesia.Pulang-pulang bisa beli Rumah, beli mobil, beli motor honda CBR ....Hehehehe khayalan tingkat tinggi. Hari ini hari pertama saya mengikuti pra seleksi program magang ke jepang, pra seleksi diadakan selama 2 minggu. Untuk DKI Jakarta pra pelatihan dilaksanakan di STIKOM buaran. Pagi hari jam Pukul 07:00 sudah siap-siap mandi, sarapan, Pukul 07:30 berangakat ke STIKOM. Sampai stikom harus pukul 07:45. Saya tiba di STIKOM pukul 07:40 ( Pasti para pembaca bertanya ko sebentar amat, sampainya) Ya, iyalah, masa ya iya donk. Wong rumah saya dekat dengan BUARAN, jalan kepeleset kulit pisang juga sudah sampai HAHAHAHA.


Sampai disana kami di beri pengarahan tentang program magang jepang. Karena ini hari pertama Pra seleksi. Jadi belum ada pelatihan, hanya ada pengarahan. Pelatihan akan dilaksanakan esok hari. Di sana kami akan dilatih Hitung-Hitungan Matematika, Bahasa Jepang dan Fisik. Latihan yang diberikan tersebut adalah untuk mempersiapkan seleksi tahap pertama. Seleksi pertama berupa
1. test matematika 10 soal 5 menit
2. Lari 3 km selam 15 menit
3. Push-Up 35 kali
4. Shift-Up 25 kali


fiuhh.....! sungguh ketat bukan! Makanya doakan saya ya agar lulus. hehehe di tempat pra seleksi (STIKOM) kami di periksa seluruh anggota badan, mulai dari ujung rambut, hingga ujung kaki. membuka baju dan celana, hanya pakai celana dalam saja. dan hasil pemeriksaan tidak boleh ada penyakit panu, tato, koreng, tindik, tangan bengkok, kaki bengkok, tinggi kurang dari 160 cm, berat badan minimal 5o Kg. kalau ada kekurangan seprti itu. Kami akan sulit masuk ke tahap seleksi pertama, karena jika ada kekurangan seperti di atas sudah pasti tidak akan lulus pada proses seleksi tahap pertama.Proses seleksi pertama yang menyeleksi orang jepang. Setelah pemeriksaan kami di berika makan siang (Nasi kotak) gratis, setelah makan sholat, lalu pengarahan lagi. Menjelang sore hari pembagian kelas. peserta yang terdata berjumlah 190 orang, tapi yang datang hanya 109 orang.
Pembagian kelas terbagi menjdi 3 kelas. A, B, dan C. Sore pukul !6:00 kami dapat snack, gratis lagi. Semua biaya pra latihan di tanggung pemerintah, dari makan, alat tulis, kursus bahasa jepang, dan fitnes di GOR kalimalang, semua gratis. Kita cuma modal ongkos saja.


Okey sampai sini dului cerita saya, tentang pra seleksi program magang ke jepang. lain waktu kita sambung lagi.


Comments (3)

On 6 Mei 2013 pukul 14.30 , Unknown mengatakan...

hei yudii, apa kbr skr ? gmn progress pra seleksi mu?
or sudah di jepang? share yuuk,, aku ngiler mau kesana .:)

 
On 23 Mei 2013 pukul 22.24 , Yudi DS mengatakan...

baik Desi, Proses Pra Selesksi ada kendala. Jadi saya tdk melanjutkan. Padahal sebenarnya ingin sekali. Sekarang saya ada di surabaya:)

 
On 5 Juni 2013 pukul 02.12 , Unknown mengatakan...

yaahh,, gga divoba lagi ?
maybe yudi ada temen yang udah magang disana?